Sejarah Singkat

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) merupakan salah satu lembaga yang ada di Universitas Negeri Makassar sesuai Organisasi Tata Kerja Universitas Negeri Makassar yang tertuang dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019. LP2MP UNM melaksanakan pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan serta ilmu pengetahuan, sains, teknologi dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan. Hal ini harus sejalan dengan Visi Kementerian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam Rencana strategis (renstra) Kemenristek Dikti adalah Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa dan visi UNM dalam Rencana Strategis UNM yaitu: UNM sebagai pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan yang unggul untuk menghasilkan lulusan professional.Dalam kaitan dengan visi kemenristek dikti dan Visi UNM tersebut, agenda utama sistem pendidikan tinggi adalah mewujudkan Visi 2015-2019. Agenda tersebut mengamanatkan perlunya perguruan tinggi memiliki organisasi secara sehat sehingga berfungsi efektif, yang terlihat pada hal berikut

  1. Ketersediaan dan keterjangkuan pendidikan
    Tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi berkualitas, relevan, dan berdaya saing internasional dengan memperhatikan karakteristik daerah. Kualitas
  2. Ketersediaan dan keterjangkuan pendidikan
    (a) Pendidikan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan mengembangkan kemampuan intelektualnya sehingga mampu menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan memberi sumbangan bagi kemampuan bangsa dalam berkompetisi; (b) Program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfungsi sebagai inkubator untuk mengintegrasikan perkembangan dan kemajuan IPTEKS dalam rangka memaksimalkan ketercapaian dan keterpakaian pengetahuan mutakhir; (c) Sistem pendidikan yang memberi sumbangan bagi pengembangan masyarakat demokratis, beradab, dan inklusif yang memenuhi kriteria akuntabilitas; dan (d) Manajemen keuangan komprehensif yang merangsang partisipasi pecagar (stakeholder, termasuk pemerintah daerah) dan secara langsung mengaitkan investasi baru dengan anggaran.
  3. Kesetaraan
    Ketercapaian dan keterjangkauan yang diperoleh dari sistem pendidikan yang membuka peluang bagi semua warga negara terhadap proses belajar yang menarik dengan memperhatikan keberagaman latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan geografi yang memungkinkan seseorang mencapai potensi puncaknya sepanjang hayat.
  4. Kepastian
    Menuntut perlunya pendidikan keterampilan alternatif untuk mahasiswa UNM melalui penyesuaian diri dengan tuntutan masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri. Sejalan dengan hal tersebut, visi LP2MP UNM yang menekankan wawasan kewirausahaan guna memberikan alternatif pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam jangka pendek. Dengan demikian, UNM mempersiapkan alumni, baik sebagai tenaga kependidikan profesional, ilmuwan profesional maupun berjiwa wirausaha sehingga memberi sumbangan bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama.